Selasa, 07 November 2023

Isu strategis di Bidang Kesehatan 2023

Sorotan Isu Kesehatan 2023

Institute of Health and Metric Evaluation (IHME) membuat analisa tentang 11 isu kesehatan yang menjadi sorotan pada 2023. Diabetes Melitus (DM) menjadi salah satu dari 11 isu tersebut.

Menurut international diabetes federation (IDF) 2015 DM atau sering disebut juga kencing manis adalah suatu penyakit yang diakibatkan karena tubuh tidak bisa memproduksi insulin atau tubuh tidak bisa menggunakan insulin yang telah diproduksi (resistensi insulin). Diabetes melitus yang cukup serius di bidang kesehatan gigi yaitu oral diabetic, yang meliputi mulut kering,radang gusi, dan penyakit jaringan penyangga gigi (periodontal) (Lubis, 2011).

Penyakit periodontal memiliki dua kelompok utama etiologi menurut para ahli diantaranya faktor lokal dan faktor sistemik. Faktor lokal dan faktor sistemik berhubungan dan berperan sangat erat sebagai penyebab terjadinya kerusakan jaringan periodontal. DM menjadi salah satu faktor sistemik yang dapat memperparah faktor lokal sebagai faktor utama dari penyakit periodontal.

Ketika kadar glukosa di dalam darah meningkat pada penderita DM mengakibatkan peningkatan glukosa di dalam cairan sulkus gingiva dan darah. Banyaknya bakteri yang berkembang biak pada gula nantinya cairan sulkus yang kaya akan glukosa tersebut dapat menyebabkan perubahan komposisi bakteri di dalam mikrokoloni biofilm dan mempengaruhi perkembangan penyakit periodontal.

 

Progam 3J Gigi Sehat pada Penderita Diabetes Melitus


                              (Sumber : https://blog.ggl.life/makanan-untuk-penderita-diabetes-melitus/)

Progam tersebut dapat dilakukan oleh penderita Diabetes Melitus agar Kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga. Pada penyandang diabetes perlu mematuhi 3J : Keteraturan Jadwal makan dan periksa gigiJenis makanan yang baik untuk Kesehatan penderita Diabetes Melitus, serta Jumlah makanan yang dikonsumsi. Adapun jenis makanan yang dianjurkan adalah:

  1. Sumber Karbohidrat: nasi, roti, mie, kentang, singkong, ubi, sagu.
  2. Sumber Protein: daging rendah lemak, ikan, ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, tahu dan tempe
  3. Sumber Lemak: konsumsi makanan mengandung lemak dalam jumlah terbatas. Makanan yang diolah dengan cara dipanggang, dikukus, ditumis, direbus.
  4. Vitamin dan Mineral dipenuhi melalui konsumsi cukup banyak sayuran dan buah-buahan

Upaya yang mendukung progam 3J pada penderita diabetes melitus untuk menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut adalah dengan cara menyikat gigi minimal 2 kali sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, mengurangi makanan dan minuman yang manis dan lengket serta menjadwalkan periksa gigi rutin 6 bulan sekali.

Sumber :

Aliyah, A. N., Listyawati, L., & Utami, N. D. (2022). Profil Penyakit Periodontal pada Penderita Diabetes Melitus Berdasarkan Tipe Diabetes Melitus, Jenis Kelamin, dan Usia di RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Pada Tahun 2016-2020: Profile of Periodontal Disease Accompanied by Diabetes Mellitus Based on Diabetes Mellitus Type, Gender, and Age at RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo 2016-2020. Jurnal Sains dan Kesehatan4(2), 168-175.

Lubis, Irwati. (2011). Manifestasi Diabetes Mellitus dalam Rongga Mulut http://poltekkesjakarta1.ac.id/file/dokumen/74artikel_bu_irwati.pdf .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar